Sabtu, 16 Oktober 2010

Rangkaian Kegiatan Gerpas Berseh : Cangkru'an Pasar Baroe

Jumat, 15 Oktober 2010

Cangkru’an Walikota Probolinggo kemarin (14/10) malam yang diadakan di jalan niaga, barat pasar baru atau tepatnya di lokasi len-jelenenan terlihat lebih ramai karena yang datang adalah pedagang yang berada di pasar se-Kota Probolinggo. Acara ini digelar karena merupakan satu rangkaian kegiatan Gerpas Berseh yang diadakan Pemkot Probolinggo.

Mukadi Cs yang selalu sukses mengocok perut penontonnya hadir pula disana ditambah mbak Oke yang membuat ramai suasana. Selepas menari bersama warga dengan diiringi ngijung Madura oleh Patmo, Walikota Probolinggo, H.M. Buchori mengajak 2 warga perempuan dan 1 laki-laki tampil ke depan untuk menyampaikan aspirasinya mengenai pengelolaan Pasar Baru.

Seorang laki-laki bersongkok tinggi, yang bernama Mustajib, warga jati tampil ke depan. Dia ucapkan terima kasih karena Pemkot sudah membantu pembangunan pasar. Ada yang dia pinta, pasar yang sudah bersih perlu juga ditertibkan masalah pedagangnya. Karena tidak sedikit bedak yang didepannya ada pedagangnya juga, maka Mustajib menginginkan agar ditertibkan. Mendapat pernyataan polos dari warganya, H.M. Buchori langsung memanggil kepala pasar, Abd. Gani. “Apa benar yang diutarakan oleh bapak ini? Selanjutnya bagaimana?” tanya orang nomor 1 di Kota Probolinggo kepada kepala Pasar. Dia (Abd. Gani) akan segera menertibkannya, disambut tepuk tangan penonton cangkru’an.

Kemudian dilanjutkan oleh seorang warga pedagang buah di Pasar Baru, bernama Tatik, dia minta agar Pemkot meminimalisir barang hilang di Pasar Baru, walaupun sudah ada waker (penjaga malam) tapi tetap saja terjadi kehilangan barang. Selain itu dia juga menginginkan adanya rehab pasar baru. H. M. Buchori kembali memanggil Abd. Gani untuk mempertanggung jawabkannya, dan Abd. Gani siap untuk menertibkan dan meningkatkan keamanan di area pasar baru.

Lain halnya dengan Yuliana, pedagang sayuran di pasar kronong. Dia tidak minta apapun, dia hanya berterima kasih karena pasar kronong kini sekarang sudah bersih, tertib dan aman, sehingga pedagang tidak lagi ada keluhan. Sambil terenyum bangga, Walikota Probolinggo memanggil kepala pasar Kronong, lagi-lagi Abd. Gani yang datang. Diapun tertawa, H.M. Buchori lupa bahwa Abd. Gani adalah kepala pasar di seluruh Kota Probolinggo. “ Saya bangga terhadap pasar kronong, karena pemerintah yang membangun, pedagangnya ikut menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan disana” ungkap H.M. Buchori dan disambut tepuk tangan warga yang mengikuti cangkru’an.

Untuk meningkatkan kebersihan di pasar baru, secara simbolis diberikan bantuan kendaraan roda 3 kepada kepala pasar baru. Dan kepada 3 orang pedagang diberikan bantuan modal untuk usaha, selain itu juga diberikan bantuan beras sebanyak 150 bungkus kepada warga yang hadir.

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=363

Tidak ada komentar:

Posting Komentar