Sabtu, 16 Oktober 2010

Menimbah Ilmu Ke Cyber City Cimahi

Jumat, 15 Oktober 2010

Kota Cimahi yang memiliki luas wilayah 4.025 Ha, hanya seperempat luas wilayah Bandung memiliki potensi yang luar biasa. Selain dikenal sebagai kota hijau, kota yang mayoritas penduduknya adalah militer, juga dikenal sebagai Cyber City, Kota yang bergerak di industri Informasi Teknologi (IT) dan industri kreatif lainnya. Hal itu disebabkan karena Kota Cimahi tidak memiliki Sumber Daya Lahan dan sumber daya alam, selain itu industri yang ada mulai di locked out, dan memiliki Sumber Daya Manusia yang banyak.

Karena alasan itulah, senin (11/10) sampai dengan rabu (13/10) kemarin, Pemerintah Kota Probolinggo mengirimkan wakilnya yaitu Bidang Data & Litbang pada Bappeda Kota Probolinggo bersama Kampoeng Cyber Sumbertaman dan Citarum Cyber Probolinggo untuk ngangsu kaweruh atau studi banding di Cyber City Cimahi.

Tim diterima oleh Assisten Administrasi dan Perekonomian, Samsul Hidayat, beserta jajarannya dan stafnya yang berkompenten di bidang IT. Awal acara dibuka paparan Kota Probolinggo oleh Budi Krisyanto, Kepala Bappeda Kota Probolinggo sambil memperkenalkan peserta lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan paparan Kota Cimahi dan latar belakang dan juga perkembangan Cyber City.

Banyak tahapan untuk menjadikan Kota Cimahi menjadi Cyber City diantaranya adalah pada tahun 2002 rektor ITB (Prof. Koesmayanto) berkeliling Cimahi, masuk industri, kunjungan langkawi, residential technology park dan kampus technology, kemudian rektor berganti, pindah ke Bekasi. Kemudian mengadakan Bandung High Tech Valley (BHTV), program bersama dengan Pemerintah Kota Cimahi untuk pemagangan ke Jepang.

Pada Tahun 2003, diadakan Cimahi Techno Residential Park (CTRP), kemudian kunjungan ke taiwan expo technology dengan PAU ITB; kunjungan bangalor india untuk melihat industri IT india. Selanjutnya pada tahun 2005, diselenggarakan pendirian cimahi rice; kerjasama dgn Ditjen IATT Depperin. Pada tahun 2008, mendorong kebijakan BTS bersama; kawasan khusus berbasis wifi yang berada di alun-alun cimahi dan seluruh gedung perkantoran pemerintah kota cimahi (2006). Tahapan selanjutnya pada tahun 2007 dilaksanakan pembangunan gedung Baros Cyber Creative Center (gedung C3), dan sudah mencapai 65% proses pembangunan, diperkirakan tahun 2009 tuntas.

Tahun 2008, kegiatan yang dilaksnakan adalah pengembangan perakitan laptop oleh siswa SMK I, studi Bandung Creative City Forum (BCCF) CQ.9 Matahari yaitu cimahi industri kreatif animasi/film. Awal pembangunan rusunami the edge yang berwawasan kreatif dan cyber, dan juga pelatihan open souce linux. Tahun 2009 Menpera mengadakan bantuan teknis percepatan penataan kawasan baros (sekitar the edge apartemen) , konsultasi dan awal kerjasama dengan laboratorium games elektro ITB dan PAU ITB, pengembangan wimax, smart card dan rencana pengembangan internet data center di gedung Baros C3. Dan pada tahun 2010 dilakukan penyusunan rencana tata ruang kawasan khusus baros, kebijakan ruang dan infrastruktur, termasuk infrastruktur duct untuk fiber optic.

Produksi Baros C3 sampai adalah pelatihan animasi kepada pelajar, selain itu broadcasting, dan juga pembuatan animasi dan pembuatan iklan. Salah satunya adalah iklan walls ice cream. Budi Krisyanto kagum dengan perkembangan IT di cimahi, selain sukses membangun Baros C3, juga karena pengelolaan e-Government yang professional. “ kami kagum atas Kota Cimahi, dan kami tidak salah pilih Kota Cimahi sebagai tempat untuk ngangsu kaweruh. Banyak yang bisa kami pelajari disini. Akan kami kirim tenaga IT untuk magang kesini” ungkap Budi Krisyanto.

Kemudian rombongan diajak berkeliling menuju ruang server. Diruangan tersebut disekat menjadi 2 bagian, satu ruangan untuk operator dan tempat pelatihan, ruangan lainnya untuk server. Setelah puas diruang server, rombongan menuju ke gedung Baros C3. Walaupun gedung tersebut masih belum selesai seratus persen, namun lantai teratas gedung ini sudah digunakan untuk tempat pelatihan animasi oleh pelajar.

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=361

Tidak ada komentar:

Posting Komentar