Sabtu, 16 Oktober 2010

Batik Kota Probolinggo Raih Rekor MURI

Minggu, 10 Oktober 2010

batikPagi ini (8/10), di halaman rumah dinas Walikota Probolinggo, kain batik tulis dengan panjang 100 meter dengan 651 motif siap ditampilkan dan memecahkan rekor. Banyaknya motif dalam batik ini dalam rangka memperingati hari jadi Kota Probolinggo ke 651 pada bulan September lalu. Semalam (7/10), tim MURI datang dan melakukan penilaian tentang banyaknya motif dan pagi ini untuk panjangnya.

Kota Probolinggo berhak berbangga hati, karena berhasil menyabet penghargaan Pembuatan Gaun Pengantin dari Kain Batik Terpanjang se-Dunia Indonesia dengan nomor : 4504/R.MURI/X/2010. Selain itu, kain batik yang meraih rekor ini, memiliki motif terbanyak sedunia, telah menompang dan mengangkat nilai nasionalis dalam memperingati Hari Batik Nasional serta Hari Jadi Kota Probolinggo ke 651 Tahun 2010.

Acara yang dimulai dari Rumdin Walikota Probolinggo, bergerak maju ke timur menuju Kantor Walikota Probolinggo. Sepasang pengantin bergaun merah berada di depan, dan kemudian dibelakangnya seorang model cantik dengan memakai gaun pengantin terpanjang diikuti dengan beberapa model pria dan wanita yang memegangi kain batik 100 meter.

Di halaman depan Kantor Walikota tampak hadir Wakil Walikota, H. Bandyk Soetrisno, Perwakilan MURI, Paulus Pangkang, DPRD Kota Probolinggo, Muspida, Pejabat di Pemerintah Kota Probolinggo, dan Masyarakat Kota Probolinggo untuk ikut menyaksikan kirab gaun pengantin dari kain batik terpanjang sebagai bukti rasa cinta dan bangga kepada Kota Probolinggo yang lebih maju dan berkembang. Terlihat juga barisan siswa dan siswi SD, SLTP, dan SMU Kota Probolinggo sepanjang jalan dari Rumdin Walikota sampai Halaman Kantor Walikota Probolinggo.

Tampak juga hadir disana adalah Nani Kastip sebagai pemrakarsa pemecahan rekor dan Hj. Trinyahya, Sanggar Citra Ayu sebagai pencetus kegiatan ini. Dalam sambutannya, Nani Kastip, mengatakan bahwa meski terbilang dini keberadaan batik Kota Probolinggo sudah dikenal dari tingginya seni yang dikandungnya, dalam bentuk guratan tulis yang menempel pada kain yang semula putih polos menjadi kain yang cantik dan siap untuk dijadikan sebagai bahan pakaian untuk dikenakan. “Dalam kain batik tidak lepas ada unsur yang melambangkan Hari Jadi Kota Probolinggo.” ujarnya.

Batik Kota Probolinggo pantas dikenakan dalam acara – acara formal maupun non formal, sehingga untuk mengetahui informasi lebih dalam bisa didapat melalui paguyuban pecinta dan pengrajin batik Kota Probolinggo yang bertempat di jalan KH. Mansyur No. 31 Kota Probolinggo.

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=359

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus