Sabtu, 16 Oktober 2010

Didatangi 2 Janda, Walikota Panggil Petinggi Eratex, Kasek, Kadispendik

Jumat, 15 Oktober 2010 | 11:15 WIB

Oleh Iksan Mahmudi

KAMIS (14/10) siang pukul 10.30, Kantor Walikota HM Buchori SH MSi didatangi dua janda. Mereka mengeluhkan kemiskinannya hingga Walikota memanggil petinggi pabrik, kepala Dinas Pendidikan, dan beberapa kepala sekolah yang diperintahkan membantu.

Kedua janda itu adalah Wiwik Windiarti (39), warga Jl. Pattimura Gang Rajungan 11, Kel Mangunharjo, Kec Mayangan, dan Luluk Mardiana (40), warga Jl Teuku Umar, Kel Jati, Kec Mayangan. Keduanya dikawal kerabat masing-masing diterima walikota di ruang kerjanya.

Usai menjabat tangan walikota, mata kedua janda itu tampak berkaca-kaca. Wiwik menceritakan, Rabu (13/10) lalu, suaminya, Suhartono (44) yang sudah sekian bulan menderita stroke meninggal dunia. Sepeninggal suami yang bekerja sebagai personel satpam di garasi PO Akas itu, Wiwik mengaku cemas dengan nasib dua anaknya.

“Saya hanya bekerja di warung kopi dan (kue) gorengan, sementara masih harus menanggung biaya hidup dan sekolah dua anak saya,” ujar Wiwik. Anak pertama, Frilian Harianti masih bersekolah di SMKN 1 kelas 10, sementara anak keduanya Kristian Noah Ramadhan masih dibangku SD Negeri Mangunharjo 7.

Perempuan berjilbab itu mengaku, sebelumnya pernah bekerja di PT Eratex Djaja, perusahaan tekstil dan garmen di Kota Probolinggo. “Saya mulai bekerja di Eratex pada tahun 1990, kemudian pada 2001 terkena PHK (pemutusan hubungan kerja) massal.”

Belum sempat walikota menanggapi keluhan Wiwik, Luluk ganti menyampaikan keluhannya. Beberapa hari lalu, ia mengaku mengalami musibah beruntun. “Hari Senin (11/10) suami saya, Rahmad Yani (42) meninggal dunia. Rabu (13/10) giliran ibu saya, Muslimah (60) yang meninggal dunia,” ujarnya.

Beruntun ditinggal mati dua orang yang sangat dicintainya, Luluk mengaku terpukul. Perempuan yang sehari-hari berjualan kopi dan teh itu khawatir dengan nasib dua anaknya, Sri Indahyani yang bersekolah di SMKN 1 kelas XII dan Ahmad Sugiono yang duduk di kelas IX di SMPN 3 Kota Probolinggo.

“Untuk makan saja susah, apalagi untuk biaya anak sekolah,” ujar perempuan yang masuk kategori keluarga miskin (Gakin) itu. Tidak hanya Luluk, Wiwik pun sempat berpikiran hendak menyuruh kedua anaknya berhenti sekolah.

Mendengar keluhan dua janda yang kesulitan biaya sekolah anak-anaknya, walikota kemudian menghubungi Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Maksum Subani. Maksum tampak datang tergopoh-gopoh disusul sejumlah kepala sekolah.

Walikota juga sempat menghubungi manajemen PT Eratex Djaja, perusajaan tekstil dan garmen yang pernah mem-PHK massal pekerjanya termasuk Wiwik Windarti. General Affair PT Eratex Djaja, Suyoto, dikawal stafnya, Abdri pun akhirnya tampak di ruangan walikota.

“Pak Maksum, tolong anak-anak dua janda miskin ini dibebaskan dari semua biaya pendidikan di sekolahnya. Kalau sampai dipungut biaya sekecil apa pun, Sampeyan yang bertanggung jawab,” ujar walikota.

Sejumlah kepala sekolah yang “mengawal” Kadispendik, juga tampak sibuk mencari-cari nama murid, yang disebutkan kedua janda miskin itu. Di antaranya Kepala SMKN 1 Sunardi dan Kepala SMPN 3 Nurkholis.

Kepada manajemen PT Eratex, walikota menitipkan Wiwik agar diterima kembali bekerja. “Bu Wiwik ini dulu pernah bekerja di PT Eratex terkena PHK massal, tolong diterima kembali,” ujarnya.

Suyoto tampak mengangguk-angguk. “Silakan buat lamaran, akan kami terima kembali bekerja di Eratex,” ujarnya. Kebetulan sejak beberapa bulan lalu, perusahaan eksporter testil dan garmen itu memerlukan banyak pekerja. “Beberapa bulan lalu, di Eratex ada 3.300 pekerja, sekarang sudah bertambah 800 pekerja,” ujar Suyoto.

Ketika pertemuan di ruang walikota usai, tampak datang tergopoh-gopoh, Kepala SDN Mangunharjo 7, Rodhi. Karena pertemuan sudah bubar, ia segera menemui Kadispendik.

Disinggung cara “instan” walikota menyelesaikan keluhan warga yang bisa menjadi preseden buruk dan diikuti banyak warga lain, walikota mengaku selektif. “Yang perlu dibantu ya memang benar-benar miskin,” ujarnya. isa

Sumber: http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=b80aae17c4418ff00b74a0c169d12831&jenis=1679091c5a880faf6fb5e6087eb1b2dc

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus