Jumat, 25 Juni 2010

Ambrol, Perbaikan Tunggu Asuransi

[ Jum'at, 25 Juni 2010 ]
PROBOLINGGO - Mulut dermaga di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo mengalami kerusakan cukup parah. Ada bagian yang ambrol sejak beberapa bulan lalu. Tapi, sampai kemarin (24/6) masih belum diperbaiki.

Bagian yang ambrol itu panjangnya sekitar 20 meter. "Ambrolnya itu karena gelombang. Dan itu sudah terjadi sejak sekitar dua bulan yang lalu," ujar Djasmito, manager teknik dan umum PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) cabang Probolinggo kemarin.

Djasmito mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan dan mengambil gambarnya. Itu sebagai persyaratan dan akan diajukan kepada pihak asuransi untuk memperbaikinya. "Untung ambrolnya di sisi luar. Kalau di sisi dalam, bisa mengganggu," ujarnya.

Meski demikian bila tidak segera diperbaiki, ambrolnya bagian dermaga itu bisa mengganggu lalu lintas laut. Terlebih bila sudah benar-benar ambrol hingga dermaga tersebut putus. Selain menyebabkan tidak adanya jalan menuju menara suar, juga bisa mempercepat pengendapan dan pendangkalan kolam pelabuhan.

Nah, pada saat ini pihak pelindo masih belum bisa melakukan perbaikan. Pasalnya, pelindo masih menunggu dana dari pihak asuransi. Dan, untuk perbaikannya itu masih menunggu duit dari pihak asuransi.

"Selurah aset pelindo kami asuransikan. Dan, untuk itu (dermaga yang ambrol) klaimnya secepatnya akan kami ajukan. Kalau yang ambles tidak masuk asuransi, untuk itu ada dana perawatan rutin kecil-kecil antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta," ujar Djasmito.

Selain itu, Djasmito mengaku masih belum bisa menaksir berapa besar klaim yang akan diajukan kepada pihak asuransi. Menurutnya, kini pihaknya masih mendata kerugian akibat gelombang tersebut. "Kami masih belum memastikan besarnya berapa. Tapi, kalau cuma Rp 100 juta masuk," katanya. (rud/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=166490

Tidak ada komentar:

Posting Komentar