Minggu, 01 Agustus 2010

Bersepeda Keliling Kraksaan

[ Minggu, 01 Agustus 2010 ]
KRAKSAAN - Para penggemar sepeda di Kabupaten Probolinggo kemarin (31/7) diajak melakukan perjalanan menarik dalam acara bertajuk Bersepeda Keliling Kraksaan. Dalam acara yang digelar Karang Taruna Kabupaten Probolinggo itu, sekitar tiga ribu peserta dilepas langsung oleh Bupati Hasan Aminuddin.

Pelepasan peserta dilakukan sekitar pukul 08.00. Tapi, setelah melepas peserta di titik start alun-alun Kraksaan, Bupati Hasan tidak ikut bersepeda. Rute yang ditempuh diperkirakan sekitar 30 kilometer.

Dari start, peserta menuju arah timur hingga pertigaan Kampung Arab. Selanjutnya peserta berbelok ke utara ke Kelurahan Patokan. Lalu berlanjut ke timur ke Desa Sidomukti. Selanjutnya secara berurutan peserta melalui desa Kebonagung, Alassumur, Matekan, Krampilan, Sokaan. Dari sini peserta menuju Desa Seboro hingga sampai di Desa Karangren. Selanjutnya peserta melalui jalur Desa Krejengan hingga tiba di Desa Sentong.

Di lapangan sepakbola sebelah utara SMPN 1 Krejengan, peserta lebih dulu berhenti di posko panitia. Yakni untuk menaruh kupon berhadiah. Selanjutnya peserta menuju utara hingga melewati Desa Sentong. Kemudian berlanjut hingga pertigaan Semampir. Barulah kemudian peserta kembali ke Alun-alun Kraksaan.

Uniknya kegiatan ini tidak monoton bersepeda saja. Sebab di setiap desa yang dilewati, peserta mendapat suguhan menarik. Yakni berupa tampilan kesenian yang disiapkan setiap desa. Tujuannya tak lain untuk menghibur peserta.

Bahkan setibanya di Alun-alun, peserta juga disuguhi tampilan musik yang disiapkan panitia. Khususnya untuk menunggu saat pengundian. Panitia memang menyediakan cukup banyak hadiah. Bahkan disediakan 2 buah sepeda motor.

Hadiah itu dimenangkan Haryono, warga Perumahan Bulu Indah. Satu pemenang lain yakni Angga Septian Prakoso, siswa SMA Negeri 1 Kraksaan. Panitia juga memberikan penilaian bagi peserta kelompok terbaik. Kategori tersebut dimenangkan oleh Storm Cycle Club. Disusul Kusuma Cycle Club dan Sasa Cycle Club.

Panitia juga memberikan penilaian terhadap tampilan yang disuguhkan desa penampil kesenian. Unggul dalam penilaian ini yakni Desa Sumberkatimoho. Disusul Desa Widoro dan Desa Kebonagung. Hadiah tersebut diberikan langsung oleh Bupati Hasan.

Acara tersebut kemarin dijadwalkan diikuti Gubernur Jatim Soekarwo dan Wagub Saifullah Yusuf. Tapi, sampai acara berlangsung, gubernur dan wagub sama tak hadir.

Ketua Dewan Pembina Karang Taruna Kabupaten Probolinggo H Wahid Nurahman mengakui ketidakhadiran dua tokoh itu. Tanpa menyebut alasan, Wahid mengatakan kedua tokoh itu berhalangan hadir. Meski demikian Wahid mengatakan, kegiatan itu berlangsung cukup sukses. "Alhamdulillah, tetap sesuai rencana panitia," ujar Wahid.

Wahid mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memasyarakatkan kegemaran bersepeda. Selain itu juga untuk memperkenalkan Kota Kraksaan sebagai kota yang bersahabat dengan sepeda onthel. (eem/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=showpage&rkat=4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar