Minggu, 25 Juli 2010

Pulang Kampung, DPO Curanmor Didor

[ Minggu, 25 Juli 2010 ]
PROBOLINGGO-Usai sudah pelarian Hosen, 30, warga Desa Maron Kulon, Maron, Kabupaten Probolinggo. Pria yang jadi daftar pencarian orang (DPO) Polresta Probolinggo ini akhirnya berhasil dibekuk petugas pada Rabu (21/7) malam lalu.

Bahkan Hosen juga harus merasakan timah panas menembus pergelangan kaki kanannya. Karena saat ditangkap Hosen melakukan perlawanan dengan berusaha kabur dari sergapan polisi.

Kapolresta AKBP Agus Wijayanto melalui Kasatreskrim AKP Agus I Supriyanto, menyatakan sudah lama pelaku menjadi DPO kasus curanmor. "Ini merupakan hasil pengembangan ungkap kasus," katanya.

Dari catatan Polresta Probolinggo, Hosen pernah melakukan pencurian sebuah kendaraan bermotor Jupiter Z milik Sugeng dengan nopol N 3609 PO di Javanet, Jl Panglima Sudirman, Wiroborang, Mayangan beberapa bulan yang lalu.

Sejak itulah ia ditetapkan menjadi DPO Polresta. Tertangkapnya Hosen sendiri terjadi ketika di pulang ke rumah beberapa waktu lalu. Diketahui, usai melakukan pencurian kendaraan bermotor, Hosen langsung kabur ke Kalimantan.

Ia baru pulang kembali ke kampung halamannya pada 20 Juli lalu, ketika ada salah satu kerabatnya meninggal dunia. "Usai dapat laporan, kalau tersangka pulang, kami langsung bergerak," kata Kasatreskrim.

Saat digerebek di rumahnya itu Hosen sempat melakukan perlawanan. Ia sempat mendorong salah satu petugas kepolisian dan berniat melarikan diri. "Karena tidak mengindahkan tembakan peringatan, tersangka akhirnya kami lumpuhkan," kata Kasatreskrim.

Timah panas itu langsung menembus pergelangan kaki kanannya. Hosen pun akhirnya tak bisa lari dan langsung dikeler ke Mapolresta Probolinggo. Atas perbuatannya itu, Hosen bisa dikenai pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan. "Ancamannya di atas 5 tahun," tegas Kasatreskrim.

Hosen tercatat berkomplot dengan sindikat pencurian kendaraan bermotor yang sebelumnya juga telah berhasil dibekuk oleh jajaran Polres Probolinggo. Yakni Yusuf dan Eko yang telah ditangkap sebelumnya. Keduanya juga tercatat warga Maron Kidul.

Dengan tertangkapnya Hosen, berarti tinggal seorang lagi DPO dari sindikat ranmor ini yang masih belum berhasil dibekuk. Sampai saat ini petugas kepolisian masih terus berupaya menangkapnya. (mie/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=171558

Tidak ada komentar:

Posting Komentar