Minggu, 25 Juli 2010

Laka Karambol, Dua Luka

[ Minggu, 25 Juli 2010 ]
PROBOLINGGO - Ruas jalur Probolinggo-Lumajang kemarin (24/7) siang sempat terganggu. Itu setelah terjadi kecelakaan (laka) karambol yang melibatkan tiga kendaraan, tepatnya di Jl Raya Leces di pertigaan desa Sumberkedawung, Leces Kabupaten Probolinggo. Syukur saja kecelakaan tersebut tidak sampai merenggut nyawa.

Dari data yang dihimpun Radar Bromo di lapangan, kecelakaan karambol itu terjadi sekira pukul 13.30. Saat itu truk tronton yang biasanya digunakan untuk mengangkut mobil atau motor dengan nopol BK 8666 ST yang dikemudikan Mugiyono, warga dusun Plataran, Kaliwungu, Kabupaten Kendal melaju dari arah selatan ke utara.

Menurut keterangan beberapa saksi mata, truk tronton itu melaju dengan kecepatan tinggi. "Truknya itu melaju cepat. Saat itu truk tronton itu sempat nyalip kendaraan yang ada di depannya," kata H Abdul Karim, pemilik toko Al Mubarok, yang letaknya persis di depan tempat kejadian.

Sementara itu, dari arah berlawanan juga melaju sebuah truk pengangkut pasir. Tapi, kebetulan siang itu truk yang dikemudikan Suyanto, 38 warga Tanggulangin Sidoarjo itu melaju tanpa muatan.

"Saya itu tidak ngantuk. Saat sampai di sini saya kaget. Truk itu melaju kencang usai menyalip kendaraan di depannya. Usai menyalip, posisinya masih terlalu ke tengah," kata Suyanto saat ditemui di TKP kemarin.

Lantaran kedua kendaraan itu sama-sama besarnya, sementara ruas jalan pun juga tidak terlalu besar, bagian belakang truk tronton dan belakang dam truk pun senggolan. "Suaranya keras sekali mas," jelas Abdul Karim.

Usai terjadi senggolan, kendaraan dan truk kehilangan kendali. Alhasil sempat menabrak bagian depan mobil Carry dengan nopol P 1980 KM yang dikemudikan Saiful Imron, warga Kencong, Jember.

Mobil Carry itu berada persis di belakang truk tronton yang dikemudikan Mugiyono. "Saya sempat kaget. Usai tabrakan, saya langsung banting stir ke kiri untuk menghindar," jelas Suyanto.

Akibat tabrakan karambol tersebut, Carry berwarna merah itu mengalami ringsek yang cukup parah di bagian depannya. Begitu juga pada truk tronton yang juga mengalami ringsek di bagian belakangnya.

Beruntung saja, kecelakaan karambol itu tidak sampai membawa korban jiwa. Saiful dan Gunarso, kernet dari kernet truk tronton hanya terluka babras di beberapa bagian tubuh dan kepalanya.

Beberapa saat setelah kecelakaan karambol itu terjadi, beberapa petugas keamanan dari satlantas Polres Probolinggo dan Polsek Leces lansgung mendatangi TKP. Ruas jalan yang sempat macet beberapa menit pun akhirnya teratasi.

Ipda Istono, kanit laka Satlantas Polres Probolinggo mengatakan kecelakaan karambol tersebut terjadi karena kelengahan pengemudi truk tronton. "Usai menyalip, truk tronton itu terlalu ke tengah. Sehingga senggolan tidak dapat dihindarkan karena dari arah yang berlawanan ada damtruk yang besar juga," jelasnya. (mie/yud)

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar