Jumat, 18 Juni 2010

Kapolres Baru Tinjau Mapolres

[ Jum'at, 18 Juni 2010 ]
Hari Sertijab, Sabtu Pelepasan

PAJARAKAN - Jelang acara serah terima jabatan (sertijab), Polres Probolinggo menggelar kegiatan laporan satuan (lapsat). Yang berbeda pada lapsat tersebut, ada dua Kapolres yang hadir. Yakni, Kapolres Probolinggo AKBP AI Afriandi dan calon penggantinya, AKBP Rastra Gunawan.

Lapsat bertempat di ruang eksekutif Polres Probolinggo dan berlangsung pukul 09.00-11.00. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua kasat, kabag, kanit dan dipimpin Kapolres Afriandi.

Setelah kegiatan selesai, Afriandi dan Rastra salat jamaah di masjid Polres. Selanjutnya, Afriandi mengajak Rastra keliling Mapolres. Afriandi menunjukkan setiap ruangan di Mapolres.

Acara jalan-jalan itu berlangsung sekitar 30 menit. Afriandi lantas mengajak Rastra ke ruang Kapolres. "Sertijab saya besok (hari ini, Red) ya," ujar Afriandi sebelum masuk ruangannya.

Sebenarnya, sertijab ini mengalami beberapa kali penundaan. Namun, akhirnya dipastikan berlangsung hari ini. Kepastian tersebut disampaikan ketua panitia pisah kenal Kapolres Probolinggo, Wakapolres Kompol Sucahyo Hadi.

Menurut Sucahyo, sertijab akan dilaksanakan di Mapolwil Malang pada pukul 07.00 WIB. "Rombongan dari Probolinggo akan berangkat malam ini (tadi malam, Red)," kata Sucahyo.

Sertijab tersebut menurut Sucahyo sekaligus menandakan berakhirnya masa tugas Kapolres Probolinggo AKBP AI Afriandi. Afriandi akan diganti oleh AKBP Rastra Gunawan yang sebelumnya Kapolres Kediri.

Meski demikian, dirinya belum tahu pasti kapan Kapolres baru akan mulai bertugas. "Nanti sajalah, kita lihat persiapan beliau," ujar Sucahyo.

Setelah sertijab di Mapolwil Malang, acara dilanjutkan dengan pisah kenal di aula Polres Kota Probolinggo. "Malam hari pukul 19.00," kata Sucahyo.

Lalu, pada Sabtu akan dilakukan upacara pelepasan kapolres lama dan penyambutan kapolres baru. Kegiatan itu kata Sucahyo merupakan tradisi di Polri. Menurut Sucahyo acara pelepasan dan penyambutan dikemas dengan kegiatan pedang pora. "Persiapannya sudah 100 persen," sebut Sucahyo. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=165041

Tidak ada komentar:

Posting Komentar