Minggu, 30 Mei 2010

TWSL 30 Persen, Bentar 50 Persen

[ Minggu, 30 Mei 2010 ]
PROBOLINGGO - Long weekend dalam momen hari raya Waisak cukup berpengaruh terhadap jumlah pengunjung dua tempat wisata di Probolinggo, Sabtu kemarin (29/5). Yakni TWSL atau kebun binatang mini di kota dan Pantai Bentar di kabupaten.

Jumlah pengunjung TWSL kemarin meningkat hingga 30 persen dibanding hari-hari sebelumnya. Meningkatnya pengunjung itu, dapat dilihat dari tempat parkir yang sesak. Tapi, tak smpai memakan badan jalan. Begitu juga dengan loket pembelian karcis dan pintu masuk TWSL, meski tak sampai terjadi antrean panjang.

"Kalau kemarin (Jumat 28/5) tidak begitu ramai. Masih lebih ramai sekarang. Lumayan, kurang lebih 30 persen (lonjakan jumlah pengunjung)," ujar Fitriawati, kepala Pusat Informasi Studi Lingkungan (PISL) yang bertanggung jawab mengelola TWSL.

Dari pengamatan Radar Bromo para pengunjung itu tidak hanya datang dari dalam kota saja. Tapi, ada juga yang datang dari luar daerah seperti Leces Kabupaten Probolinggo dan dari Jatiroto Lumajang. Kebanyakan, di antara mereka adalah anak-anak sekolah pada tingkat TK dan SD. "Biasanya, meski hari Sabtu tidak akan serame ini. Tapi, biasanya yang banyak datang kalau hari Sabtu dari sekolah-sekolah," jelas Fitriawati.

Sedangkan di obyek wisata Pantai Bentar jumlah pengunjung juga mengalami peningkatan. Bahkan, jumlahnya mencapai 50 persen dibanding hari sebelumnya. "Mengalami peningkatan. Kalau dipersentase mencapai 50 persen dibanding hari-hari Sabtu biasanya," ujar Tutug Edi Utomo, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo.

Kali ini, di pantai Bentar tidak ada acara khsus untuk menyambut liburan hari raya Waisak. Termasuk tambahan hiburan atau atraksi budaya yang biasanya digelar setiap akhir pekan. "Mohon maaf, untuk akhir pekan ini kami belum bisa menampilkan atraksi budaya untuk liburan panjang ini," jelas Tutug.

Tidak adanya acara mingguan itu, karena pada saat ini dispudpar sedang mempersiapkan event besar yang akan diharapkan menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Acara itu, akan digelar pada malam hari di bawah bulan purnama. "Dalam acara itu, akan mempromosikan Bentar pada malam hari. Nanti, di sana akan menjaring suara pengunjung seperti apa," jelasnya. (rud/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=161392

Tidak ada komentar:

Posting Komentar