Minggu, 16 Mei 2010

Banjir Probolinggo Mulai Surut

Minggu, 16 Mei 2010 | 11:34 WIB

Probolinggo - Banjir di beberapa Probolinggo mulai surut. Warga menjemur perabot mereka dan membenahi sejumlah fasilitas umum yang rusak.

“Curah hujan tinggi dibarengi air laut pasang mengakibatkan terjadi banjir di Kota Probolinggo,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Probolinggo, Bambang Sulistiyono, Minggu (16/5) pagi tadi.

Seperti diketahui, hujan turun deras sejak Jumat (14/5) sekitar pukul 23.00. Hujan yang terus mengguyur hingga Sabtu (15/5) menjelang subuh mengakibatkan sejumlah sungai dan drainase di Kota Bayuangga meluap. ”Genangan tidak segera surut karena hingga Sabtu siang ketinggian air laut hingga 170 cm, padahal normalnya 130 cm,” ujar Bambang.

Daerah yang terparah dilanda banjir adalah daerah aliran sungai (DAS) Kali Umbulan, yang terletak di sebelah timur pabrik tekstil PT Eratex Djaja, Jl. Soekarno-Hatta. Air dari sempalan Kali Kedunggaleng mengalir ke Kali Umbulan, ditambah dari aliran sungai dari Kali Talang yang berasal dari muntahan persawahan di kawasan Ungup-Ungup, membuat banjir membesar.

Kondisi jembatan di depan Eratex yang relatif rendah dari permukaan air, ditambah keberadaan sejumlah pipa, membuat air meluap ke jalan raya. Sampah dari permukiman warga juga terlihat menyangkut di bawah jembatan.

Gerusan air di atas jembatan depan Eratex juga menjebol pagar sepanjang sekitar 10 meter di Perumahan Perhutani, Jl. Soekarno-Hatta. Lalu lintas di jalan protokol itu juga macet hingga maghrib.

Meski tidak terlalu parah, tembok di kantor BPN Kab. Probolinggo di Jl. Soekarno-Hatta juga roboh. Di belakang BPN, Panti Asuhan Putera Muhammadiyah juga sempat terendam banjir. isa

Sumber: http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=d1558eb865d438135f4eabde0e4eab55&jenis=1679091c5a880faf6fb5e6087eb1b2dc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar