Minggu, 26 September 2010

Senin, Praktik Manasik di Miniatur Kakbah

[ Minggu, 26 September 2010 ]
PROBOLINGO- Wisata religius miniatur Kakbah di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Senin (27/9) bakal ramai oleh Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo. Pada hari itu, sekitar pukul 07.00 WIB, para CJH akan praktik manasik haji secara masal.

Rencana itu dikemukakan Kepala Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Atok Illah. "Senin ini praktik manaik haji secara masal di wisata religius miniatur Kakbah," kata Atok, kemarin.

Menurut Atok, pelaksanaan praktik manasik haji itu dilakukan untuk melengkapi pembekalan yang telah diberikan Sebelumnya sebanyak 713 CJH telah menjalani latihan manasik di kantor Kemenag.

Hanya saja, dalam kesempatan itu materi yang diberikan lebih banyak berupa pemaparan. "Padahal haji itu kan bukan hanya teori. Karena itu jamaah perlu praktik di lapangan," terangnya.

Karenya pada Senin mendatang, semua CJH diundang untuk mengikuti praktik. Semua CJH akan datang ke wisata miniatur Kakbah dengan pakaian ihram. Di tempat wisata ini, semua pelaksanaan haji akan dipraktikkan, seperti Wukuf, Jumrah, Tawaf, Sa'i dan sebagainya. "Semua akan dipraktikkan di sana," jelasnya.

Sebagai persiapannya, pada hari ini akan digelar gladi bersih oleh semua ketua rombongan jamaah. Di sini akan diatur mengenai tempat pelakasanaan wukuf, tempat pelemparan jumrah, hingga mana yang akan dijadikan Shofa dan Marwah sebagai tempat melakukan Sai.

Ini praktik manasik haji pertama bagi CJH? Menurut Atok, sebelumnya para calon jemaah telah menjalaninya. Namun dalam kelompok kecil yang dilakukan di setiap konsorsium pelaksanaan manasik haji. "Ini pertama yang dilaksanakan secara massal tahun ini," katanya.

Usai praktik manasik haji pada Senin nanti, CJH akan kembali menjalani praktik dalam penutupan manasik dan tasyakuran pemberangkatan jamaah haji Kabupaten Probolinggo. Namun untuk hal ini, menurut Atok waktunya belum ditentukan. (qb/day)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=181063

Tidak ada komentar:

Posting Komentar