Minggu, 26 September 2010

Salawatan, Gaya Anak TK Menggemaskan

[ Minggu, 26 September 2010 ]

PROBOLINGGO - Lucu, menggemaskan dan imut. Begitulah penampilan para murid TK Tunas Harapan saat beraksi di depan undangan dalam acara halal bihalal, kemarin (25/9). Mereka begitu semangat saat membawakan kesenian islami hadrah dan samroh.

Kali pertama yang tampil adalah hadrah yang ditampilkan murid putra. Memakai kostum serbahijau ditambah kaca mata hitam. Sebelum tampil, mereka gladi bersih dihadapan para undangan. Sehingga saat tampil, mereka bergaya semaksimal mungkin.Saat gladi bersih dan tampil di pembukaan acara, murid TK Tunas Harapan itu bertingkah sangat lucu. Ketidakkompakan gerakan membuat undangan semakin terhibur dibuatnya. Lama bergaya duduk, ada beberapa dari mereka yang kesulitan saat berdiri.

Usai kesenian hadrah dilanjutkan samrah. Kini yang tampil dari murid putri. Kostum berwarna-warni yang mereka kenakan nampak ngejreng. Lagu yang dibawakan berjudul Salawat. Si penyanyi yang berada di depan begitu menjiwai, hingga sesekali memejamkan mata dan memiringkan kepalanya.

Penari di bagian belakangnya bergerak mengikuti nada. Ada yang terus tersenyum. Tapi ada pula yang terus cemberut seperti menahan perasaan tegang.

Baik hadrah atau samrah sudah cukup menghibur pembukaan halal bihalal keluarga besar kelompok bermain dan TK Tunas Harapan tersebut.

Acara tersebut dihadiri kepala UPTD TK-SD Kecamatan Mayangan, komite dan pengurus yayasan Dharma Wanita Kota Probolinggo serta ratusan wali murid. Even ini juga diisi ceramah agama oleh Ustadz Fathul Mukhlas.

"Anak-anak latihannya cuma satu minggu. Mulai tanggal 21 September lalu. Penampilan anak-anak lucu sekali. Walaupun tadi (kemarin) ada yang tidak hafal gerakan tapi cepat menyesuaikan dengan temannya," kata Kepala Kelompok Bermain dan TK Tunas Harapan Andalas Wati Puji Rahayu.

Sebagai pembukaan, lanjut Puji Rahayu, memang kesenian islami. Karena masih dalam rangka halal bihalal dan untuk melestarikan budaya. (fa/day)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=181061

Tidak ada komentar:

Posting Komentar