Rabu, 11 Agustus 2010

Geger Pencurian Kambing di Pesisir

[ Rabu, 11 Agustus 2010 ]
Massa Marah, Polisi sampai Keluarkan Tembakan

PROBOLINGGO - Wafan alias Yayan, 25 warga Sumbertaman dan Toha alias Susanto, 26, warga Jati Kota Probolinggo kemarin (10/8) siang bikin geger warga Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Dua orang itu tertangkap basah mencuri kambing milik Yakob, 44, warga RT2/RW I Desa Pesisir. Tak ayal, Yayan dan Toha langsung dimassa.

Beruntung saja meski sempat dikeroyok, dua orang tersebut berhasil diselamatkan dari amuk massa. Keduanya lantas diserahkan massa ke Polsek Sumberasih.

Dari data yang dihimpun Radar Bromo, sekitar pukul 12.30 kemarin Yakob sedang menggembala 6 ekor kambingnya di dusun Mawar, Desa Pesisir. Suasana desa tersebut siang itu sedang sepi.

Di sela-sela aktivitas menggembala, Yakob sempat meninggalkan kambingnya karena ia harus menaruh rumput hasilnya ngarit. Nah, momen itu dimanfaatkan oleh Yayan dan Toha untuk beraksi.

Dengan menggunakan motor Honda Beat yang masih kinyis-kinyis dengan nopol N 4229 RV, keduanya membawa kabur seekor kambing yang diangon Yakob. Setelah berhasil disahut, kambing curian itu ditaruh di tengah-tengah motor.

Tapi, aksi itu tak berlangsung mulus karena Yakob memergokinya. Hanya, meski tahu satu kambingnya digondol maling, Yakob tak bisa berbuat banyak. "Saya takut ditabrak," ujarnya.

Setelah Yayan dan Toha berlalu dengan motornya, barulah Yakob berani berteriak. Kebetulan pada saat yang bersamaan melintas Suyono dan Edi, dua warga Pesisir.

Mendengar teriakan Yakob, Suyono dan Edi langsung beraksi. Kebetulan posisi mereka tak jauh dengan Yayan dan Toha. Spontan dan dengan gerakan cepat, Edi langsung mengambil sebuah balok kayu dan memukulkannya ke kepala Toha. Langsung saja Toha jatuh tersungkur.

Toha jatuh, Yayan dengan mudah diamankan. Dalam waktu cepat, warga Pesisir berdatangan ke tempat kejadian. Tanpa dikomando, mereka menghajar Yayan dan Toha.

Beruntung Kepala Desa (Kades) Pesisir M. Rofi'i yang datang langsung ke lokasi berusaha menenangkan massa dan mengamankan dua pelaku tersebut ke rumah salah satu warga. Tapi, kabar tertangkapnya pelaku pencurian itu kadung menyebar luas. Warga setempat pun banyak yang bergerombol untuk menghakimi dua pelaku tersebut.

Dengan alasan keamanan, dua pelaku itu langsung diamankan sementara di rumah Kades Rofi'i. Tetapi tetap saja massa bergerombol di luar rumah kades dan siap menghakimi dua pelaku pencurian tersebut. "Warga sini sudah kesal. Kami sering kecolongan. Setahun ini saja sudah ada 4 kambing yang hilang dicuri," kata Asmad, salah satu perangkat desa.

Sekitar pukul 13.30, petugas keamanan dari Polres Probolinggo dan Polsek Sumberasih datang ke lokasi untuk mengamankan dua pelaku pencurian tersebut. Namun, polisi juga cukup kerepotan untuk mengevakuasi dua pelaku tersebut.

Sebab, ratusan massa yang sudah stand by di luar rumah kades sudah siap untuk menghakimi dua pelaku tersebut. Untuk menenangkan emosi warga, anggota polres yang berpakaian preman kemarin pun sempat mengeluarkan dua kali tembakan peringatan.

Tembakan peringatan itu pun cukup bikin warga keder. Selanjutnya, polisi mengevakuasi dua pelaku tersebut ke luar dari rumah kades untuk masuk ke mobil patroli. Mereka memecah kerumunan massa yang masih berupaya untuk menyerang dua pelaku tersebut. Kedua pelaku pencurian kambing itu akhirnya berhasil dievakuasi sekitar pukul 14.30 dan langsung dilarikan ke Polsek Sumberasih untuk diperiksa. (mie/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=174275

Tidak ada komentar:

Posting Komentar