Jumat, 02 Juli 2010

Apeksi Dipusatkan di Bromo View

[ Jum'at, 02 Juli 2010 ]
PROBOLINGGO - Berbagai kegiatan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dimulai hari ini. Rakor yang dipusatkan di hotel Bromo View itu bakal dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

Kemarin (1/7) pihak manajemen hotel sudah memersiapkan tempat yang bakal dijadikan kegiatan Apeksi. Misalnya di koridor parkir sudah dipasang kain penutup yang bakal digunakan tempat makan para undangan. Ruang Bentar di lantai dua juga dipersiapkan untuk ruang sidang komisi.

Sementara di hall Bayuangga sudah tertata untuk acara welcome party tadi malam. Sudah disediakan 19 table, masing-masing table terdapat 6 kursi khusus wali kota, istri dan pendampingnya. "Selesai welcome party ruang ini akan kami ubah settingnya untk ruang rakor besok (hari ini)," jelas Operational Manager Bromo View Hotel dan Resto M Agus Tri Mananto.

Hingga pukul 12.00, kata Agus Tri, baru ada dua wali kota yang sudah check in yaitu wali kota Kupang dan Mataram. Di hotel tersebut bakal jadi tempat 13 wali kota dan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Para wali kota disediakan kamar suite dan deluxe, sedangkan dari kementerian bromo suite. Soal menu, Agus bilang ada menu pesanan khusus dari Wali Kota Probolinggo Buchori. "Beliaunya memilih tumis godhong dan kembang kates. Kalau untuk menu makan siang ada masakan Indonesia, malam harinya campuran Chinese dan Indonesian food," katanya.

Jadwal Apeksi untuk hari ini pembukaan rakor diisi sambutan Ketua Pengurus Komwil IV Wali Kota Kupang Daniel Adoe dan sambutan Gubernur Jatim yang diwakili Wagub Saifullah Yusuf. Lalu dilanjutkan diskusi panel dengan tema utama "Optimalisasi reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas hidup perkotaan dalam rangka penguatan pelaksanaan desentralisasi." Sub tema "Dengan reformasi birokrasi dan lingkungan hidup berkualitas kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat."

Diskusi tentang pemberdayaan birokrasi dan reformasi birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah menuju good governance oleh Kementerian PAN. Sedangkan inovasi pemerintah kota dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Setelah diskusi ada paparan program Apeksi 2010-2014 oleh Sarimun Hadisaputra sekaligus persiapan rakernas Apeksi di Bandung. Kemudian sidang pleno I pengesahan tata tertib rakor komwil IV ke 7 Apeksi oleh Ketua Komwil IV Apeksi Daniel Adoe. Serta pemilihan pimpinan sidang pleno I dan II, dilanjut penyerahan pimpinan sidang komisi A dan komisi B.

Komisi A membahas tentang optimalisasi birokrasi dan peningkatan kualitas lingkungan hidup perkotaan dalam rangka penguatan pelaksanaan desentralisasi. Sedangkan komisi B membahas program kerja dan rekomendasi.

Dalam sidang pleno II, yang dijadwalkan sore ini, sidang pleno II bakal menyampaikan hasil sidang masing-masing komisi. Lalu penetapan keputusan dan penyerahan hasil rakor oleh pimpinan sidang pleno II. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=167668

Tidak ada komentar:

Posting Komentar