Selasa, 02 November 2010

Radius Wisatawan Diimbau 1 Km dari Gunung Bromo

Selasa, 02/11/2010 12:04 WIB
Muhammad Aminudin - detikSurabaya

<p>Your browser does not support iframes.</p>

Gunung Bromo/File Budi Sugiharto

Malang - Wisatawan Gunung Bromo diimbau waspada, dan tidak mendekati bibir kawah. Pasalnya, kepulan asap sulfur dari kawah Bromo makin meningkat.

M. Syafi'i, Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo menuturkan, status ikon wisata di Jawa Timur ini masih waspada. Asap belerang yang terus menerus keluar dari kawah merupakan bentuk dari aktivitas gunung tersebut.

"Aktivitas Gunung Bromo masih ditunjukkan dengan keluarnya asap belerang," katanya saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (2/11/2010) pagi.

Menurut Syafi'i, dalam sepekan ini sempat terjadi gempa tremor sebanyak dua kali. Meski begitu, dia menilai gempat tremot tersebut merupakan gejolak normal dari dapur magma.

Untuk itu, dia mengimbau kepada wisatawan untuk tidak mendekati mulut kawah. Selain bau belerang yang menyengat, juga dikarenakan antisipasi bahaya dari aktivitas gunung berapi itu.

"Sesuai rekomendasi dari kami, maksimal jarak antara wisatawan dengan kawah tidak kurang dari 1 kilometer," tegasnya.

Dari data yang dihimpun, Gunung Bromo terakhir meletus pada tahun 2004 silam. Abu vulkanik dikeluarkan dari dalam kawah akibat letusan sampai ke wilayah Malang Raya. Bahkan, hampir seluruh wilayah yang terjangkau muntahan, tertutup abu vulkanik.

Syafi'i menambahkan, erupsi yang terjadi pada Gunung Merapi juga tidak berpengaruh pada Gunung Bromo. Karena pasca letusan Merapi, hanya terjadi beberapa kali gempa tremor di gunung yang setia tahunnya menjadi tempat upacara kasada bagi suku Tengger.

Meski Gunung Bromo berstatus waspada, namun tidak mempengaruhi minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi gunung yang berada di Probolinggo, Jawa Timur. Bahkan, sepanjang tahun ini, ratusan wisatawan datang untuk melihat pesona alam Bromo yang indah.
(bdh/bdh)

Sumber: http://surabaya.detik.com/read/2010/11/02/120426/1482495/475/radius-wisatawan-diimbau-1-km-dari-gunung-bromo?881104465

Tidak ada komentar:

Posting Komentar