Kamis, 02 September 2010

Nikmatnya Kurma Berbagai Rasa

Dandy Arigafur
02/09/2010 14:37
Liputan6.com, Probolinggo: Rina Setiowati, warga jalan Wahidin Kota Probolinggo, Jawa Timur, itu sudah setahun ini terus mengembangkan usaha pembuatan kue kurma berbagai rasa. Rina memanfaatkan kurma impor yang dibelinya dari Surabaya sebagai bahan dasar.

Pembuatan kurma berbagai rasa ini tergolong mudah. Untuk membuat kurma rasa coklat mente, misalnya, Nina tinggal menyiapkan kurma, kacang mente, dan coklat blok. Setelah itu, kurma diproses dengan membelah dan membuang bijinya.

Coklat blok dilelehkan terlebih dahulu di atas kompor hingga panas merata. Kemudian coklat didinginkan. Untuk takaran satu kilogram kurma dibutuhkan kurang lebih setengah kilogram coklat dan setengah kilogram kacang mente.

Coklat setengah cair itu selanjutnya dijadikan bahan untuk melapisi kacang mente dengan bentuk bulatan berkuran kecil. Bulatan-bulatan itu dibiarkan dulu selama sekiyar setengah jam, agar lebih padat dan tidak menyebabkan basi.

Langkang selanjutnya, tinggal memasukan bulatan coklat mente itu ke dalam belahan kurma dan ditutup rapat. Maka jadilah kurma rasa coklat mente.

Dengan kombinasi kurma yang mengandung vitamin A, kalsium, dan zat besi, serta coklat yang mengandung protein, lemak dan karbohidrat, maka makanan itu tergolong bernutrisi tinggi. Belum lagi nutrisi positif yang dikandung dalam kacang mente.

“Selama ini kurma identik dengan rasa manis saja. Sedangkan coklat amat digemari semua kalangan dan mengandung zat yang mampu mengurangi stres atau depresi, juga dikombinasi dengan rasa gurih kacang mente,” ujar Rina.

Rina memproduksi kurma dengan variasi rasa dan berbagai ukuran berat. Mulai dari 200 gram hingga 1 kilogram dalam kemasan yang harganya pun variatif. Termahal adalah kurma coklat keju yang dibandrol dengan harga Rp 65 ribu per kilogram.

Selama bulan Ramadan, pesanan kurma rasa itu terus meningkat. Rina pun menuai berkah karena omsetnya naik hingga 100 persen atau mencapai Rp 6 juta. Pesanan yang datang tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun lalu.(CHR/SHA)

Sumber: http://berita.liputan6.com/sosbud/201009/294358/Nikmatnya.Kurma.Berbagai.Rasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar