Sabtu, 18 September 2010

Nelayan Siap Melaut Lagi

[ Sabtu, 18 September 2010 ]

TONGAS - Lebaran juga menjadi masa liburan bagi para nelayan di pesisir Tongas Kabupaten Probolinggo. Setelah sepekan tak melaut untuk menikmati masa lebaran, kini para nelayan Tongas bersiap melaut lagi.

Dari pantauan Radar Bromo, kemarin (17/9) para nelayan di beberapa daerah di Tongas mulai menyiapkan perahu-perahu dan segala peralatan kerja lainnya. Seperti yang terlihat di dusun Jalit serta dusun Krobyokan.

Pagi kemarin terlihat para nelayan sibuk di perahunya. "Ya, sekarang kami lagi bersiap untuk berlayar besok (hari ini, Red)," jelas Wageanto, salah satu nelayan ikan di dusun Jalit.

Wageanto kemarin mengecek semua peralatan yang akan digunakan sebelum berlayar. Mulai dari kondisi perahu dan perlatan tangkap ikan. "Semua harus dicek, biar besok sudah siap untuk berangkat," terang Wageanto.

Pengecekan dilakukan, kata Wageanto, terutama karena usia perahu sudah tidak muda lagi. Selain perahu kayu, beberapa nelayan sudah beralih menggunakan perahu fiber. "Tapi saya belum," jelas Wageanto.

Kapal fiber perawatannya mudah. Beda dengan perahu kayu yang perawatan cukup rumit dan mahal. "Kapal fiber lebih murah dari pada kayu," ungkap Wageanto

Jaring untuk menangkap ikan juga dicek. "Ini saya lagi ngecek jaring," terang Dhofir, nelayan lainnya. Dia kemarin sibuk merajut lagi jaringnya yang rusak. "Dirajut kembali, biar bisa dipakai lagi," ulas Dhofir.

Sementara itu ketika ditanyai mengapa libur melaut saat lebaran, Dhofir menyatakan bahwa nelayan memang sengaja. Setelah setahun bekerja, lebaran menjadi saat yang tepat untuk berkumpul lagi dengan keluarga. "Ya hanya berkumpul dengan keluarga," jelas Wageanto.

Rata-rata nelayan libur melaut selama sepekan untuk merayakan lebaran. "Rata-rata nelayan di sini libur semua, paling sekitar 7 hari," jelas Dhofir.

Menurutnya, bila lebaran tetap melaut pun nelayan tidak mendapat banyak keuntungan. "Kan harga dipasar tidak stabil," lanjut Dhofir. (d7x/yud)

Sumbe: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=179718

Tidak ada komentar:

Posting Komentar