Jumat, 29 Oktober 2010

Semeru Waspada, Jalur Pendakian Tetap Dibuka

Kamis, 28 Oktober 2010 - 16:02 wib
Nurul Arifin - Okezone
Gunung Semeru (Foto: Ist)

SURABAYA - Status Gunung Semeru sudah dinaikan dari Siaga menjada Waspada. Kendati demikian, pintu masuk ke jalur pendakian menuju puncak Mahameru hingga kini masih dibuka untuk umum.

"Statusnya kan masih Waspada, jadi belum ada larangan bagi para pendaki, termasuk evakuasi warga," kata Kepala Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Siswanto, Kamis (28/10/2010).

Gunung Semeru sendiri merupakan salah satu obyek wisata di Jawa Timur yang cukup menarik perhatian para pendaki baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam Gunung yang berada di Kabupaten Lumajang dan Malang itu membawa daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Namun sejak ada letusan di Gunung Merapi, kondisi ini sempat membuat was-was sejumlah wisatawan, sebab kondisi gunung ini termasuk kategori gunung berapi aktif.

Menanggapi hal itu, Siswanto menegaskan, status waspada yang di Gunung Semeru tidak berbahaya. Hanya saja, imbas dari erupsi Gunung Merapi, membuat peningkatan status sejumlah gunung berapi di Jawa Timur, seperti Gunung Kelud di Kediri dan Gunung Bromo di Probolinggo.

Pihak BPBD, kata dia, akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar terkait peningkatan aktivitas vulkanik gunung-gunung tersebut.

Pihaknya juga akan melakukan evakuasi, jika sudah ada peningkatan status dari waspada ke Awas. "Jika nanti status sudah Awas, baru kita akan lakukan evakuasi, selama ini hanya Sosialisasi saja," kata Siswanto.

(ded)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2010/10/28/340/387466/semeru-waspada-jalur-pendakian-tetap-dibuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar