Jumat, 29 Oktober 2010

Gunung Bromo dan Sejuta Eksotisme Alamnya

Tribunnews.com - Jumat, 29 Oktober 2010 04:29 WIB

Gunung Bromo dan Sejuta Eksotisme Alamnya
Mayangkara Prawiraduta
Pemandangan Gugusan Pegunungan Bromo Tengger Semeru dari Puncak Pananjakan.

PROBOLINGGO- Gunung Bormo di Probolinggo Jawa Timur walau dinyatakan statusnya menjadi WASPADA oleh Badan Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Geologi (PVMG) Bandung tapi pesonanya tidak pudar.

Agus Budiyanto, Kasubid Pengamatan Gunung Berapi BPVMG Bandung yang menyatakan status Bromo menjadi WASPADA seolah tidak menyurutkan pada pelancong dan pendaki untuk menikmati gunung yang berada dalam satu gugusan Pegunungan Bromo Tengger dan Semeru.

Gunung Bromo secara geografis terletak di 7°51’ – 8°11’ LS, 112°47’ – 113°10’ BT dengan luas wilayah sekitar 50.276,3 ha. Gunung itu masuk dalam kawasan Kab Pasuruan, Kab Probolinggo, Kab Lumajang dan Kab Malang. Merupakan kawasan wisata terkenal di Indonesia.

Suhu di Bromo bisa mencapai 10 derajat celcius, jauh di bawah suhu rata rata normal suhu Indonesia kisaran 24-32 (suhu tubuh normal manusia 36) derajat. Bahkan suhu di Bromo bisa 0 derajat celcius saat menjelang pagi hari.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, sebaiknya mempersiapkan peralatan yang memadai. Seperit pakaian dingin, topi kupluk, sarung tangan, kaos kaki, syal dan jaket tentunya.

Tapi, bila Anda melupakan perlengkapan tersebut, ada banyak penjaja keliling menawarkan dagangannya berupa topi, sarung tangan, atau syal.

Pengunjungnya bukan hanya wisatawan lokal, melainkan ramai juga wisatawan asing. Dengan pemandangan yang khas membuat Bromo layak menjadi tujuan wisata. (editor widodo)

Sumber: http://www.tribunnews.com/2010/10/29/gunung-bromo-dan-sejuta-eksotisme-alamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar