Senin, 10 Mei 2010

Kader Pembangunan untuk Desa

[ Senin, 10 Mei 2010 ]
PROBOLINGGO - Untuk meningkatkan kualitas pembangunan desa, perlu dibentuk kekuatan pendukung. Hal ini bertujuan agar program yang dilakukan desa sesuai dengan harapan pemerintah. Salah satunya, yakni membentuk kader pembangunan.

Sejauh ini di setiap desa telah dibentuk kader pembangunan masyarakat desa (KPMD). Menurut Korwil Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Malang Ahmad Suruji Bahtiar, KPMD akan sangat membantu tercapainya program pemerintah yang baik dan berkesinambungan. "Akan sangat berguna untuk masyarakat," ujar Bahtiar.

BKAD sendiri menurut Bahtiar, membawahi 4 kabupaten. Yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. BKAD berfungsi mengkoordinasikan program-program pemerintah pemberdayaan.

Menurut Bahtiar, ada sekitar 8 program pemberdayaan yang dilakukan pemerintah. "Fungsi BKAD agar program tersebut bisa maksimal dilaksanakan," lanjutnya.

Karena itu kata dia, keberadaan KPMD sangat vital. Sebab, KPMD adalah unsur yang merencanakan, menyusun, mengevaluasi dan melakukan kontrol terhadap pembangunan. Khususnya pembangunan di tingkat desa dan kecamatan. "Hal ini harus diutamakan, karena menyangkut masa depan pembangunan," ujar Bahtiar.

Untuk mematangkan konsep KPMD menurut Bahtiar, perlu dilakukan pembinaan-pembinaan. Tujuannya tak lain agar pada kader nantinya bisa membuat perencanaan yang baik. Sehingga, pemberdayaan akan berhasil. Baik dari sisi proses, maupun hasil. "Hasilnya untuk kepentingan masyarakat," ujar dosen STT Nurul Jadid ini. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=157568

Tidak ada komentar:

Posting Komentar