Senin, 10 Mei 2010

Digusur, Jualan di Taman Kota

[ Senin, 10 Mei 2010 ]
KRAKSAAN - Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) memilih lokasi baru untuk berjualan. Yakni, taman kota Kraksaan di komplek stadion Gelora Merdeka Kraksaan. Alasannya, karena tidak punya lokasi untuk berjualan.

Irvin, 18, pedagang minuman asal Desa Kebonsari, Kraksaan adalah salah satunya. Irvin mengaku sudah berjualan selama sekitar 1 tahun. Irvin berjualan dengan Angga, 21, suaminya.

Suami-istri asal Jember itu mengaku baru membuka dagangan di lokasi baru tersebut sejak sekitar 2 bulan lalu. Awalnya mereka berdagangan di trotoar. Namun lokasi tersebut terkena gusur Satpol PP Kabupaten Probolinggo. "Terpaksa istirahat dulu," ujar Irvin.

Selanjutnya kata Irvin, beberapa waktu kemudian Angga berinisiatif berjualan lagi. Kali ini lokasinya di taman kota. Sebelum berjualan, Angga lebih dulu bertanya pada petugas kebersihan di taman kota. "Tanya proses izinnya," ujar Angga.

Setelah itu, Angga menemui salah seorang petugas Badan Lingkungan Hidup (BLH). Angga mengaku mendapat izin berjualan. Bahkan, tidak dikenakan biaya sepeserpun. "Malah sekarang diberi pinjaman tenda," lanjutnya.

Lain lagi dengan Imam Syafii, 29, pedagang stiker asal Maron. Imam mengaku sudah berjualan di taman kota lebih dari 6 bulan. "Setelah libur lebaran kemarin," ujar Imam.

Sama dengan Irvin, Imam meminta lebih dulu minta izin pada BLH. Sejak awal berjualan, Imam memang sudah menempati lokasi di dalam taman kota. Jadi menurut Imam, dirinya tidak tergusur.

Sementara Kepala BLH kabupaten Probolinggo Dewi Korina membenarkan pedagang kaki lima yang berjualan di taman kota. Menurut Dewi, para PKL tersebut sudah meminta izin BLH.

Sejauh ini Dewi menjelaskan, BLH membolehkan PKL menggelar dagangannya di taman kota. "Kami memperkenankan," katanya. Namun selanjutnya kata Dewi, akan dibuat lokasi khusus untuk PKL. Hanya, sejauh ini masih dalam tahap perencanaan. "Pelaksanaannya masih belum ditentukan," lanjutnya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=157566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar