Senin, 10 Mei 2010

Kabar Jawa Timur

Senin, 10/05/2010 08:09:21 WIB
Oleh: Marlina A. Jobs


SURABAYA (Bisnis.com): Berikut adalah berita-berita yang menjadi sorotan sejumlah media massa yang beredar di Jawa Timur antara lain mengenai maraknya praktik politik uang dan kekeliruan data DPT seiring mendekatnya agenda serangkaian pilkada, mengemukanya pendapat bahwa UU Pokok Agraria tidak sejalan dengan aturan mengenai perseroan terbatas WNA, serta gencarnya rencana pemerintah menarik wisatawan Australia.

POLITIK UANG: Praktik politik uang terindikasi kuat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kediri periode 2010-2015. Praktik politik uang ini semakin riil pada masa tenang menjelang hari pencoblosan, 12 Mei 2010.

Bentuknya beragam mlai dari pemberian langsung dalam bentuk uang, pemberian dalambentuk barang, hingga dalam bentuk hadiah uang berli[pat apabila salah satu pasangan calon menang dalam pemilihan. (Kompas Jawa Timur)

PELINDO III: PT Pelindo III belum mencatat lonjakan signifikan ekspor dan impor Indonesia-China, meski ACFTA sudah diberlakukan sejak Januari 2010. Sejak 2008 hingga pertengahan 2010, peningkatan arus bongkar muat kargo umum, curah cair, dan curah kering diperkirakan hanya 1,63%- 7%. (Kompas Jawa Timur)

PKL MALANG: Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Kota Malang bakal diatur dalam perda. Pengaturan PKL tertuang dalam rancangan revisi perda tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah, yang tengah dibahas di DPRD Kota Malang. Dalam rancangan perda itu, PKL dibagi menjadi PKL permanen, PKL semipermanen, dan PKL bergerak. (Kompas Jawa Timur)

BBG NELAYAN: Kementerian Kelautan dan Perikananmencoba menerapkan konversi BBM ke BBG berupa 500 tabung gas untuk kapal nelayan di Kec. Lekok, Kab. Pasuruan. Meski potensial menekan biaya produksi, sebagian nelayan sangsi upaya itu efektif. Untuk itu, KPP bersama Pertamina, tetap meningkatkan alokasi BBM bersubsidi, sehingga tidak bergantung pada satu jenis bahan bakar. (Kompas Jawa Timur)

PROPERTI WNA: Keinginan pengembang agar warganegara asing (WNA) boleh membeli properti di Indonesia harus ditunda dulu, karena bertentangan dengan UU No. 5/1960 tentang Pokok Agraria (PA). UU itu membolehkan orang asing membeli tanah di Indonesia dengan status Hak Pakai (HP), itupun dengan catatan bisa memberikan manfaat bagi kemajuanbangsa. (Jawa Pos)

MINAPOLITAN JATIM: KKP mengembangkan program minapolitan atau kkota pelabuhan perikanan di 17 kawasan pelabuhan di Indonesia, di mana empat berada di Jawa Timur, guna memacu usaha perikanan tangkap yang pada 2010 ditargetkan mencapai 5,3 juta ton. Keempatnya akan berlokasi di Kota Probolinggo, Kab. Banyuwangi, Kab. Tuban, dan Sendang Biru, Kab. Malang. (Bisnis Indonesia Jatim & Bali)

KAMPUNG AUSTRALIA: Angka kunjungan wisatawan Australia ke Iindonesia kuartal I/2010 tumbuh 55% dibandingkan periode yang sama 2009. Hingga akhir 2010, Kemenbudpar menargetkan 620.000 wisatawan Australia, antara lain dengan menggelar misi promosi di empat kota yakni Perth, Darwin, Melbourne, dan Sidney. (Bisnis Indonesia Jatim & Bali)

TAK GUBRIS MENKOP: Sebanyak delapan koperasi di Magetan, Jatim, gagal mengakses dana permodalan ke Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), meskipun lembaga perkoperasian tersebut telah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Koperasi dan UKM. (Bisnis Indonesia Jatim & Bali) (ln)

Sumber: http://web.bisnis.com/berita-populer/1id180278.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar